Syarat & Ketentuan

Selamat datang di xymart!

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur layanan yang ditawarkan oleh PT Xinary Retail Indonesia ("xymart") terkait penggunaan aplikasi xymart ("Syarat dan Ketentuan") dan merupakan bentuk kesepakatan antara xymart dengan pihak yang mendaftar dan/atau menggunakan aplikasi xymart ("Pengguna"). Pengguna wajib membaca Syarat dan Ketentuan berikut sebelum menggunakan aplikasi xymart dan penggunaan aplikasi xymart menunjukkan penerimaan dan kepatuhan terhadap Syarat dan Ketentuan di bawah ini.

Aplikasi xymart dikelola oleh Group Perusahaan xymart, termasuk anak perusahaan dan perusahaan afiliasinya ("Kami", "Milik Kami" atau "xymart"). Dengan mengakses dan/atau menggunakan aplikasi, Pengguna mengakui bahwa Pengguna telah membaca dan memahami, dan menyetujui untuk terikat oleh Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini dan syarat dan ketentuan lainnya dalam kaitannya dengan aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada kerahasiaan dan FAQ, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan. Pengguna wajib setidaknya berusia 18 (delapan belas) tahun untuk menggunakan aplikasi xymart.

xymart berhak untuk mengubah, memodifikasi, menambah dan menghapus Syarat dan Ketentuan ini sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Syarat dan Ketentuan wajib dibaca secara berkala. Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Apabila Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di aplikasi xymart

Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Apabila Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di aplikasi xymart.

  1. Definisi

    1. Akun adalah akun milik Pengguna yang terdaftar pada sistem xymart.

    2. Aplikasi adalah perangkat lunak milik xymart yang dapat diunduh melalui sistem operasi iOS dan Android yang digunakan oleh xymart untuk menjalankan kegiatan usaha dimana aplikasi tersebut dapat digunakan oleh xymart dan Pengguna sebagai sarana transaksi jual beli secara online.

    3. Barang adalah produk atau barang dagangan yang berwujud/ memiliki fisik Barang yang dapat diantar/ memenuhi kriteria pengiriman oleh xymart.

    4. Biaya Jasa Pengiriman Barang adalah biaya pengiriman atas pembelian Barang melalui Aplikasi xymart.

    5. Biaya Layananadalah biaya penggunaan layanan belanja di Aplikasi untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan kualitas layanan.

    6. Metode Pembayaran adalah metode yang tersedia bagi Pengguna dalam melakukan kegiatan transaksi uang, termasuk namun tidak terbatas pada virtual account dan pilihan metode pembayaran lainnya sebagaimana tercantum dalam Bagian E–Metode Pembayaran pada Syarat dan Ketentuan ini.

    7. Pengiriman Barang adalah pengiriman atas Barang oleh Driver xymart yang merupakan hasil transaksi jual beli yang dilakukan melalui Aplikasi xymart.

    8. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan xymart, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, maupun pihak lain yang berkunjung ke Aplikasi xymart.

    9. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pembelian atas Barang yang dijual oleh xymart melalui Aplikasi xymart.

    10. PT Xinary Retail Indonesia adalah suatu perseroan terbatas, berdomisili, beralamat di Kirana Two Office Tower , Lt. 10 unit A, Jl Boulevard Timur No.88, Kel. Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara, Indonesia 14250, yang menjalankan kegiatan usaha perdagangan eceran melalui media dan portal web xymart.id. Selanjutnya disebut "xymart".

    11. Rekening Resmi adalah rekening bersama yang disediakan oleh xymart untuk proses transaksi jual beli di Aplikasi xymart sebagaimana tercantum dalam Bagian E – Rekening Resmi pada Syarat dan Ketentuan ini.

    12. Syarat dan Ketentuan adalah perjanjian antara xymart dan Pengguna yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab xymart dan Pengguna, serta tata cara penggunaan sistem layanan xymart.

  2. Barang, Harga & Transaksi Pembelian

    1. Produk dan informasi atau deskripsi keseluruhan Produk (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) yang ditampilkan di Aplikasi xymart adalah akurat, benar dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Perbedaan warna dapat terjadi tergantung pada monitor komputer/tablet/handphone Pembeli.

    2. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari Produk sebagaimana terlihat di Aplikasi xymart tergantung pada monitor komputer/tablet/handphone Pembeli. Xymart telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Aplikasi xymart muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Aplikasi xymart akan seluruhnya akurat.

    3. Harga yang ditampilkan di Aplikasi xymart adalah akurat dan yang berlaku pada waktu harga tersebut tercantum. Harga dapat berubah sewaktu-waktu, namun demikian, perubahan tidak akan mempengaruhi Pesanan yang telah dikonfirmasi oleh xymart. Pembeli hanya akan membayar Harga yang tertera di halaman pembayaran yang telah dikonfirmasi.

    4. xymart bertanggung jawab atas ketersediaan semua Produk yang ditampilkan dalam Aplikasi xymart. Apabila stok Produk tidak tersedia atau habis, xymart akan mencantumkan keterangan bahwa Produk tersebut tidak tersedia atau habis.

    5. Terkait ketersediaan, stok Produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Produk kosong, maka xymart berhak menolak Pesanan dari Pembeli, dan pembayaran atas Produk yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.

    6. Pembeli wajib untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Produk (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) dan Harga sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.

  3. Proses Pemesanan

    1. Pembeli dapat melakukan pembelian dan pemesanan Barang melalui Aplikasi xymart.

    2. Pembeli dianggap telah memahami, mengakui, menerima dan menyetujui Produk dan Harga serta deskripsi dan keadaan Produk sebagaimana adanya ketika Pembeli melakukan pembelina dan pemesanan.

    3. Aplikasi xymart akan menampilkan pemberitahuan penerimaan Pesanan kepada Pembeli yang menyatakan ringkasan Pesanan dan instruksi pembayaran untuk dilakukan oleh Pembeli.

    4. Setelah Pembeli melakukan Pembayaran dan konfirmasi Pembayaran diterima oleh xymart , xymart akan mengirimkan pemberitahuan kepada Pembeli bahwa Pesanan akan segera di proses.

    5. xymart akan mengirimkan pemberitahuan kepada Pembeli ketika Pesanan akan dikirimkan dan sedang dalam proses pengiriman sampai Pesanan tiba di tujuan.

    6. Jangkauan area pengiriman bergantung pada ketersediaan kurir yang dapat dicek melalui situs web.

    7. xymart berhak membatalkan transaksi/membatalkan penggunaan promo yang terindikasi penipuan atau penyalahgunaan.

    8. xymart berhak membatalkan transaksi/membatalkan penggunaan voucher kapan saja, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pembeli.

    9. xymart berhak mengubah syarat dan ketentuan promo sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

    10. Dengan mengikuti promo, Pembeli dianggap telah memahami dan menyetujui semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

  4. Metode Pembayaran

    1. Pilihan metode pembayaran atas transaksi pembelian melalui Aplikasi xymart adalah sebagai berikut:
      (i) virtual account (VA); dan (iii) pilihan metode pembayaran lainnya (transfer melalui rekening bank, kartu debit, kartu kredit atau QRIS(e-wallet)).

    2. Pembeli yang melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit namun transaksi pembelian tersebut tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pembeli di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Syarat dan Ketentuan xymart.

    3. Pembeli dilarang untuk mempergunakan pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran.

    4. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh xymart. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli.

    5. xymart memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

  5. Kebijakan Pengiriman

    Kebijakan Pengiriman merupakan ketentuan penting terkait informasi pengiriman ketika Pembeli membuat pesanan, yang berisi detil biaya pengiriman, waktu pengiriman dan hal lainnya.

    1. xymart akan memberitahukan Pembeli melalui Aplikasi xymart, informasi mengenai status pengiriman danperkiraan waktu Pesanan akan sampai tujuan.

    2. Pesanan akan dikirimkan ke alamat yang tercantum di Aplikasi. xymart tidak bertanggung jawab atas kesalahan penulisan alamat oleh Pembeli. Apabila Pembeli menemukan kesalahan penulisan alamat di Form Pesanan, Pembeli dapat segera menghubungi melalui fitur chat di Aplikasi xymart.

    3. Biaya jasa pengiriman sepenuhnya ditanggung oleh Pembeli.

    4. Apabila dalam proses pengiriman terjadi kendala bencana seperti banjir etc maka waktu pengiriman akan berubah sewaktu-waktu atau melebihi waktu yang sudah diperkirakan.

  6. Masa Perlindungan Pembeli

    Ketentuan-ketentuan mengenai perlindungan data pribadi akan diatur dalam Kebijakan Privasi yang merupakan satu kesatuan dengan Syarat dan Ketentuan ini dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini

    1. Pada saat menerima Pesanan, Pembeli wajib segera memeriksa keadaan Produk dan memastikan kebenaran, kuantitas dan kualitas Produk yang diterima.

    2. Jika pesanan yang diterima Pembeli tidak sesuai, harap menghubungi xymart secara langsung melalui fitur chat untuk ketentuan penyelesaian lebih lanjut melalui kontak yang terdapat pada situs web atau aplikasi.

  7. Kebijakan Pengembalian (Refund)

    Kebijakan Pengembalian adalah ketentuan mengenai pengembalian uang ataupun barang oleh xymart kepada Pembeli. Produk Retur adalah Produk Pesanan yang sudah tidak bisa digunakan/konsumsi, cacat, hancur, kadaluarsa, dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

    1. Pengembalian Uang Pembayaran (Refund)
      Terkait dengan permintaan Pengembalian Uang Pembayaran, Pembeli harap menghubungi xymart secara langsung melalui fitur chat untuk ketentuan penyelesaian lebih lanjut melalui kontak yang terdapat pada situs web.

    2. Pembatalan, Pengembalian atau Penukaran Produk
      Terkait dengan permintaan Pembatalan, Pengembalian atau Penukaran Produk, Pembeli harap menghubungi xymart secara langsung melalui fitur chat untuk ketentuan penyelesaian lebih lanjut melalui kontak yang terdapat pada situs web.

  8. Hukum Yang Berlaku

    Syarat dan Ketentuan, Perjanjian, hubungan hukum antara Pembeli dan xymart dan segala akibat hukum yang timbul sehubungan dengan penggunaan Aplikasi xymart dan transaksi pembelian di xymart diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia.

  9. Layanan Pelanggan

    xymart selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Apabila pelanggan memiliki kendala dalam penggunaan Aplikasi xymart , pertanyaan, komentar maupun saran, pelanggan dapat menghubungi kami di fitur chat maupun email

Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi adalah ketentuan mengenai jenis informasi pribadi milik Pembeli yang didapatkan, bagaimana penggunaan informasi tersebut dan mengenai cara penyimpanan informasi.

Perlindungan Informasi Pribadi

  1. Dalam memberikan layanan terbaik kepada Pembeli, xymart akan memerlukan data Pembeli sebagai berikut: nama, alamat, nomor telepon, email (“Data”).

  2. Dengan melengkapi Form Pesanan, Pembeli dianggap menyetujui untuk memberikan Data kepada xymart untuk keperluan pengiriman Produk dan xymart dengan ini berjanji dan menjamin kerahasiaan Data yang diberikan kepada xymart.